Monday, June 5, 2017

Monitoring Perkuliahan

| 2:15 PM |
Mekanisme monitoring perkuliahan terhadap kehadiran dosen, mahasiswa dan materi perkuliahan sebagai berikut :
Monitoring Kehadiran Perkuliahan Dosen dan Mahasiswa

  1. Setiap awal materi perkulihan semester dan menjelang Ujian Akhir Semester (UAS), seluruh dosen di undang rapat untuk mendapatkan pengarahan dari Ketua STKIP PGRI Nganjuk dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris membantu mengenai proses belajar dan mengajar dan langkah-langkah dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). 
  2. Setiap dosen diwajibkan untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaporkan kepada Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang kemudian disosialisasikan ke mahasiswa. 
  3. Setiap dosen diwajibkan untuk mengisi Daftar Kehadiran Dosen setiap akan mengajar di kelas yang disediakan program studi yang setiap minggunya dimonitor oleh tenaga kependidikan dan dilaporkan kepada Ketua Progran Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk diteruskan kepada Pembantu Ketua I. Dosen setiap akan mengajar wajib mengisi daftar hadir di bagian BAUK sekaligus mengambil daftar hadir mengajar yang berisikan instrumen perkuliahan (jurnal perkuliahan) berupa lembar kegiatan perkuliahan dan daftar hadir mahasiswa. Kemudian jurnal perkuliahan tersebut wajib diisi oleh dosen selesai memberi kuliah beserta daftar hadir mahasiswa untuk dikembalikan lagi ke BAUK. hal tersebut dilakukan dala rangka memonitor sajian materi perkuliahan, metode kuliah, tugas perkuiahan seperti kegiatan presentasi, diskusi makalah, review buku hasil penelitian lapangan, serta jumlah mahasiswa yang hadir. Dosen pengampu mata kuliah memiliki kewajiban 16 kali pertemuan (14 kali  pertemuan dalam perkuliahan ditambah 1 pertemuan Ujian Tengah Semester (UTS) dan 1 pertemuan Ujian Akhir Semester (UAS) sebagai bukti penguat, dosen wajib menandatangani jurnal perkuliahan tersebut. 
  4. Setiap mahasiswa wajib mengisi daftar hadir selama mengikuti perkuliahan dan apabila kehadiran kurang dari 75 %, maka mahasiswa tersebut tidak dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). 
  5. Setiap akan mulai suatu perkulaiahan dilakukan monitoring perkuliahan dosen oleh mahasiswa dan pada setiap akhir semester dilakukan perhitungan dan evaluasi kehadiran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan oleh Tim Penjamainan Mutu Program Studi. Daftar hadir merupakan alat monitoring proses belajar mengajar dosen dan mahasiswa sekaligus dapat digunakan sebagai bahan evaluasi penilaian dosen dalam metode penyampaian materi kuliah sudah sesuai Rencana Pembelajaran Semster (RPS), diskusi kelas maupun presentasi makalah yang terkait dengan isu-isu aktual maupun tema-tema lain sesuai dengan mata kuliah yang diberikan dosen pengampu.
  6. Apabila dosen berhalangan mengajar dalam 2 (dua) kali tatap muka secara berturut-turut dengan tanpa alasan yang jelas, maka dosen yang bersangkutan digantikan dengan dosen yang lain. 

Mekanisme Penyusunan Materi Kuliah:
Penyusunan materi kuliah pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  dilakukan oleh kelompok dosen dalam satu bidang ilmu, yang selanjutnya dimintakan masukan dari dosen lain, pengguna, dan pakar bidang ilmu dalam forum lokakarya penyusunan materi kuliah. Misalnya materi mata kuliah Writing I, Writing II, Writing III, Writing IV dikelompokkan dengan mata kuliah Academic Writing. Dengan cara demikian, maka dapat disusun materi kuliah yang saling mendukung, berkelanjutan, dan tidak tumpang tindih. Setiap kelompok mata kuliah dalam penyusunan materi kuliah saling berdiskusi dengan memperhatikan masukan dari dosen lain dan pengguna. Bila materi kuliah yang telah disusun oleh kelompok bidang ilmu telah selesai dilakukan, selanjutnya materi tersebut diplenokan pada rapat materi kuliah yang dihadiri oleh seluruh dosen guna memperoleh komentar, masukan, dan kritik. Hasil rapat pleno kemudian menjadi masukan akhir dalam penyusunan mata kuliah

No comments:

Post a Comment

Back to Top