Thursday, June 8, 2017

Peninjauan Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris direncanakan ditinjau setiap 2-3 tahun sekali. Peninjauan terakhir berkaitan dengan adanya perubahan Kurikulum Perguruan Tinggi yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Mekanisme peninjauan kurikulum dilakukan sesuai dengan Pedoman Penyusunan Kurikulum STKIP PGRI Nganjuk, yaitu:
1. Peninjauan Silabus/SAP dan pembentukan RPS
Setiap awal semester bersamaan dengan rapat rutin program studi dengan tujuan untuk mengevalusi Silabus/SAP/RPS sehingga topik perkuliahan sesuai dengan isu-isu terbaru dalam dunia pendidikan terutama pada Program Studi  Pendidikan Bahasa Inggris. Rapat program studi dihadiri oleh seluruh dosen di program studi. Peninjauan untuk pengembangan Silabus/SAP/RPS dilakukan secara mandiri oleh dosen pengampu bersama tim program studi.
2. Peninjauan substansi kurikulum 
Peninjauan ini dilakukan bertujuan meninjau kesesuain struktur kurikulum dengan perkembangan keilmuan dan praktik penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Inggris. Penyelenggaraan evaluasi dilakukan melalui hasil studi pelacakan yakni dengan cara menyebar angket/kuisioner kepada mahasiswa, alumni, dan pengguna. Data persepsi ini kemudian diolah dan disajikan dalam forum yang dihadiri oleh semua dosen dan pengelola program studi. Peninjauan kurikulum ditetapkan melalui keputusan bersama yang hasilnya dilaporkan kepada Pembantu Ketua I selaku penanggungjawab. Dasar peninjauan kurikulum adalah evaluasi atas relevansi berbagai materi yang ditawarkan dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan penunjang, terutama di lingkungan pendidikan. Pembahasan tentang mata kuliah yang pernah diajarkan pada tahun akademik berlangsung dievaluasi secara komprehensif untuk pengembangan pada tahun akademik mendatang. Untuk keperluan tersebut, program studi senantiasamengambil inisiatif untuk melakukan rapat akademik mempertemukan semua dosen, sehingga sharing informasi dapat dilakukan. Hasil pertemuan tersebut kemudian dirumuskan langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan penyempurnaan kurikulum serta arah pengembangan program studi. Landasan lain yang digunakan untuk melakukan peninjauan dan perbaikan kurikulum adalah umpan balik yang diperoleh dari para lulusan maupun para pengguna. Untuk kepentingan ini, program studi senantiasa menjalin hubungan dengan para alumni maupun para pengguna untuk mendapatkan input dalam upaya pengembangan program studi. Umpan balik juga diperoleh secara online melalui website program studi  dan offline melalui angket/kuesioner. Kritikan dan masukan akan menjadi bahan pertimbangan penting oleh program studi dalam penyusunan rencana ke depan. Upaya-uapaya ini dilakukan dalam bingkai kegiatan studi pelacakan yang dilakukan secara periodik oleh program studi.
Agenda perubahan kurikulum menyangkut perubahan beberapa mata kuliah initi dan pilihan. Mata kuliah yang dianggap yang sudah tidak sesuai diganti dengan mata kuliah baru yang lebih representative terhadap tuntutan perubahan. Selain itu, teknik penyampaian ataupun metode pembelajaran di kelas ditingkatkan kualitasnya melalui penggunaan teknologi canggih, sehingga penyajian materi kuliah menjadi lebih menarik. Metode pembelajaran juga semakin difokuskan pada diskusi kelas untuk menstimulus keaktifan daya analitis mahasiswa dan penulisan paper digunakan untuk menganalisis persoalan-persoalan mengenai Pendidikan Bahasa Inggris yang actual Metode pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan SCL (student Center Learning) dimana fokus pembelajaran ada pada mahasiswa
Secara ringkas perubahan kurikulum dilakukan dan disesuaikan dengan

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik.
  2. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Tuntutan pengguna lulusan, alumni dan masyarakat.

Pihak yang terlibat dalam peninjauan kurikulum tersebut adalah:

  1. Pimpinan STKIP PGRI Nganjuk
  2. Ketua dan Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Pengguna Lulusan (Stakeholder)
  5. Alumni Pendidikan Bahasa Inggris 
  6. Mahasiswa semester VII Pendidikan Bahasa Inggris.


Disqus Comments