Friday, June 21, 2019

Akreditasi Sangat Baik (B), Lulusan Bahasa Inggris Semakin Terbaik

Meraih prestasi terbaik selalu diharapkan oleh semua perguruan tinggi manapun. Persaingan sehat diiringi dengan perbaikan diri program studi, meliputi manajemen,kurikulum, kemahasiswaan, komunikasi internal dan eksternal, pengelolaan telah menorehkan hasil hingga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk mendapatkan hasil memuaskan dengan Predikat B (sangat baik). Untuk diketahui, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memiliki predikat untuk kampus yang telah berjuang mendapatkan akreditasi,yakni status A (Unggul), B (Sangat Baik), C (Baik).
Akreditasi menjadi hal yang sangat penting untuk semua program studi/jurusan hingga institusi kampus baik negeri maupun swasta. Hal ini menjadi tolak ukur kualitas masing-masing program studi/jurusan dan institusi. Ketika sudah datang batas waktu reakreditasi maka persiapan sudah harus dilakukan. Begitu juga dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk yang tahun lalu mendapat keberuntungan untuk reakreditasi kembali setelah empat tahun berlaga di dunia pendidikan. Saat itu, ada tujuh standar yang harus dipenuhi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Standar-standar tersebut antara lain adalah Standar 1 Visi Misi, Standar 2 Tata Pamong, Standar 3 Kemahasiswaan, Standar 4 Sarana dan Prasarana, Standar 5 Pengelolaan, Standar 6 Administrasi Keuangan, dan Standar 7 Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.


Tiba saat penilaian lapangan yang ditunggu oleh setiap universitas pendaftar reakreditasi. Begitu juga kami,yang telah menunggu sekian lama waktu untuk mendapat kunjungan lapang asesmen reakreditasi. Akhirnya pada 22-23 Oktober 2017 Tim Asesor BANPT tiba d STKIP PGRI NGANJUK. Beliau adalah Prof. Drs. Nurachman Hanafi,Dip.TEFL,MA,PhD dari Universitas Mataram dan Dr.Tgk. H. Gunawan Adnan ,MA,PhD dari IAIN Ar Raniry Aceh.



Selesai melakukan penilaian,tim Asesor juga tidak lupa menyampaikan evaluasi dan solusi terhadap temuan yang ada sehingga bisa menjadi cambuk perbaikan Prodi Bahasa Inggris ke depannya. Pimpinan,dosen dan sivitas akademika berterimakasih kepada Tim Asesor yang sudah dengan sabar bertugas di STKIP PGRI NGANJUK. Mereka berpesan meskipun Nganjuk belum menjadi kota besar,namun semangat kampus ideal tetap harus diwujudkan. Selang beberapa minggu, hasil reakreditasi sudah bisa diterima dan Program studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapat nilai bagus dan akreditasi berubah menjadi B (sangat baik). Tentu saja, lembaga tidak cukup untuk berbangga hati namun justru ingin selalu memperbaiki kualitas dan kuantitas prodi lewat pelayanan akademik yang prima dan kegiatan Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris (Himadings) yang selalu menjadi favorit para mahasiswa.


Selamat dan sukses Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk telah mendapat predikat B (sangat baik) untuk akreditasi prodi Pendidikan Bahasa Inggris sampai tahun 2022.

Disqus Comments